TENTANG PENGERTIAN BERSOSIAL SECARA UMUM

Bersosial BlogBERSOSIAL BLOG. Kata bersosial berasalah dari akar kata sosial ditambah awalan ber untuk menggambarkan suatu aktifitas pribadi atau seseorang. Aktivitas bersosial ini lebih banyak dikaitkan dengan hubungan interaksi antar pribadi dengan pribadi-pribadi yang lainnya dalam sebuah komunitas tertentu. Dalam kamus bahasa Indonesia kata sosial itu sendiri berarti 


[a] (1) berkenaan dengan masyarakat: perlu adanya komunikasi -- dalam usaha menunjang pembangunan ini; (2) cak suka memperhatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma, dsb): ia sangat terkenal dan -- pula

Jadi dalam hal ini jelas sekali bahwa kata sosial itu selalu dihubungkan atau dikaitkan dengan komunikasi dalam masyarakat. Dengan demikian kata bersosial dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk membina hubungan atau komunikasi dalam suatu masyarakat atau komunitas-komunitas tertentu.


Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial (bersosial) :

Imitasi yaitu tindakan seseorang untuk meniru orang lain, contohnya : pola berpakaian meniru orang yang menjadi idolanya.

Sugesti yaitu berkaitan dengan sikap seseorang yang diterima serta diikuti oleh pihak lainnya, contohnya : seorang dokter yang mengharuskan pasiennya untuk beristirahat.

Identifikasi yaitu keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain, identifikasi ini lebih mendalam sifatnya dari pada imitasi, karena dalam proses ini kepribadian seseorang menjadi ikut terbentuk, contohnya : seseorang yang meniru karakter dan kepribadian Bung Karno.

Simpati yaitu berkaitan dengan proses ketika seseorang merasa memiliki ketertarikan dengan pihak lain, contohnya : pernyataan bela sungkawa atas kematian seseorang.

Motivasi menyangkut dorongan yang diberikan kepada seseorang individu kepada individu lainnya, contohnya : seseorang memotivasi temannya untuk belajar.

Empati, hampir sama dengan simpati, hanya saja simpati lebih berkaitan dengan proses kejiwaan, sedangkan empati diikuti perasaan yang lebih mendalam, contoh : Ia seolah-olah bisa merasakan bagaimana rasanya dia kehilangan orang yang disayanginya.


Ciri-ciri Interaksi Sosial (bersosial) :

Interaksi sosial (bersosial) itu sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yaitu : adanya pribadi atau pelaku yang lebih dari saru orang, adanya komunikasi diantara pelaku-pelakunya, terdapat tujuan yang jelas sebagai suatu hal yang ingin dicapai serta terdapat dimensi waktu (lampau, saat ini atau akan datang) yang akan menentukan sifat dan aksi yang sedang berlangsung.

Demikianlah sedikit uraian tentang pengertian bersosial secara umum, bilamana terdapat kekurangan, mohon untuk dimaafkan.

Related Posts:

Anda sedang membaca artikel tentang TENTANG PENGERTIAN BERSOSIAL SECARA UMUM, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..


Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "TENTANG PENGERTIAN BERSOSIAL SECARA UMUM"

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda dengan bahasa yang sopan ......., "Think High".
Jangan mempergunakan "Anonim" dan promosi produk.