Konsep Optimasi SEO OnPage

Bersosial 67, kali ini akan membahas tentang Konsep Optimasi SEO OnPage yang pada dasarnya bertujuan untuk mengoptimasi halaman blog dan konten atau isi blog agar dapat memperoleh posisi atau tempat yang cukup bergengsi dari daftar hasil pencarian search engine (semacam Google atau Bing). Konsep Optimasi SEO OnPage ini dapat dikatakan sebagai konsep optimasi internal sebuah blog bilamana ingin memperoleh perkembangan di masa-masa mendatang.

Bersosial 67, SEO OnPage

Optimasi SEO OnPage ini setidaknya harus dijalankan sejak awal mula pembentukan sebuah blog atau website, karena proses optimasi ini menjadi dasar untuk dilakukannya proses optimasi yang berikutnya yaitu optimasi SEO OffPage (optimasi eksternal blog yang lebih dikenal dengan istilah backlink blog). Menjalankan proses optimasi SEO OnPage ini tidak dapat dilakukan sembarangan, namun harus terstruktur sesuai dengan konsep optimasi SEO OnPage itu sendiri. Baiklah mari kita perhatikan gambar konsep optimasi SEO OnPage di bawah ini.

Bersosial 67, konsep SEO OnPage

Dari gambar tersebut di atas, setidaknya dapat kita simpulkan tentang 8 (delapan) faktor utama yang perlu diperhatikan untuk menjalankan proses optimasi SEO OnPage ini, yaitu MetaTages, Keyword, H1 Tags, Alt Tags, Page Loading, Keyword Placement, Keyword Density, dan Description yang mana kesemua faktor tersebut berkaitan dengan hal-hal internal blog atau website.

Baiklah mari kita ulas secara satu persatu, sebagai berikut  :

1. Meta Tages.
Meta Tages adalah merupakan struktur Meta Tag sebuah blog yang biasanya terletak pada bagian template blog, tepatnya berada di antara kode <head> sampai dengan kode </head>. Struktur Meta Tag ini biasanya secara lengkap memuat Keyword dan Description sebuah blog atau website, berikut hal-hal tambahannya yang berkaitan dengan Meta Language, Meta Robot, Author blog dan lain-lain, yang keseluruhannya berfungsi untuk memberitahukan kepada mesin pencari tentang identitas sebuah blog atau website. Berikut ini adalah contoh kombinasi lengkap struktur Meta Tages, yaitu :

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<meta content='xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx' name='google-site-verification'/>
<meta content='xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx' name='msvalidate.01'/>
<meta content='xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx' name='alexaVerifyID'/>
<meta content='xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx' name='Author'/>
<meta content='All,INDEX,FOLLOW,noodp,noydir' name='Robots'/>
<meta content='index, follow, snipet' name='googlebot'/>
<meta content='document' name='resource-type'/>
<meta content='follow, all' name='Googlebot-Image'/>

<meta content='follow, all' name='msnbot'/>
<meta content='follow, all' name='alexabot'/>
<meta content='follow, all' name='Slurp'/>
<meta content='follow, all' name='ZyBorg'/>
<meta content='follow, all' name='Scooter'/>
<meta content='follow, all' name='yahoobot'/>
<meta content='follow, all' name='bingbot'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='all-language' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='never' name='expires'/>
<meta content='ALL' name='SPIDERS'/>
<meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='always' name='revisit-after'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
<meta content='width=1100' name='viewport'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<meta content='xxxxxxx | xxxxxxxx | xxxxxxxx | xxxxxxxx' name='description'/>
<meta content='xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx' name='keywords'/>
</b:if>
<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>
<link href='http://xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx/atom.xml' rel='alternate' title='blogger blog - Atom' type='application/atom+xml'/>
<link href='http://xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx/rss.xml' rel='alternate' title='blogger blog - RSS' type='application/rss+xml'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title>xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx | xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx</title>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
<liennk expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;favicon.ico&quot;' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Roboto+Slab:400,700,300' rel='stylesheet' type='text/css'/>

2. Keywords.
Keywords adalah serangkaian kata kunci yang kita bidik untuk menampilkan blog kita dalam daftar hasil pencarian search engine. Keywords ini berupa kombinasi dua atau tiga buah kata yang nantinya akan dapat menampilkan blog yang kita miliki. Dalam kombinasi Meta Tag, keyword ini biasa dituliskan dengan kode :

<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyword4 dst' name='keywords'/>

3. Description.
Description adalah gabungan kata yang berupa sebuah kalimat dengan tujuan untuk mewakili keseluruhan isi sebuah blog atau website. Deskripsi inilah yang akan dipergunakan oleh mesin pencari untuk meng-klasifikasikan web atau blog yang kita miliki agar mudah untuk dipergunakan oleh orang lain atau calon pengunjung blog.

Dalam rangkaian Meta Tag, deskripsi ini biasa dituliskan dengan kombinasi script berikut ini :

<meta content='uraian deskripsi sebuah web atau blog' name='description'/>

4. H1 Tags.
H1 Tag ini merupakan judul sebuah web atau blog secara umum (bukan judul halaman postingan blog), H1 Tag ini menjadi penting karena merupakan identifikasi sebuah web atau blog untuk dapat dirayapi oleh bot mesin pencari. Ketiadaan H1 Tag ini akan menyebabkan sebuah web atau blog menjadi tidak SEO friendly dan berbuntut akan diabaikan oleh mesin telusur semacam Google atau yang lainnya.

5. Alt Tag.
Alt Tag ini biasanya bergandengan dengan Title Tag yang berfungsi untuk menjelaskan gambar-gambar yang terdapat di dalam sebuah web atau blog. Hal ini disebabkan karena mesin telusur tidak dapat membaca gambar, dan oleh karenanya kita mesti membantu menjelaskan atau menginterprestasikan gambar-gambar tersebut dengan kata-kata untuk membantu mesin telusur.

6. Page Loading.
Nah Page Loading ini yang sering kali menjadi kendala utama sebuah web atau blog akibat banyaknya iklan atau advertisement yang berjejal-jejal pada halaman pertamanya. Kecepatan loading blog ini menjadi faktor penentu sebuah web atau blog akan dapat berkembang atau tidak. Analogi lain, seorang pengunjung blog pasti tidak akan suka menunggu terlalu lama hanya untuk mengakses sebuah informasi dari sebuah blog. Bilamana ia harus memilih, maka ia akan meninggalkan blog yang waktu loadingnya terlalu tersebut, selanjutnya berusaha mencari infomasi yang sama pada blog-blog lainnya yang lebih cepat loadingnya.

7. Keyword Placement dan Keyword Density.
Kedua hal atau faktor ini berjalan beriringan, artinya jangan terlalu banyak menempatkan sebuah kata kunci dalam postingan blog agar persentase keyword density (kerapatan kata kunci) tidak menjadi tinggi, karena bilamana hal ini dilanggar, maka pastilah blog kita akan mendapat julukan "pelaku spamming" atau sedang menjalankan praktek-praktek spam. Penilaian ini akan langsung direkam oleh mesin pencari semacam Google search engine. Pengunjung jarang yang tahu akan hal ini, namun tidak dengan mesin pencari atau search engine.


Related Posts:

Anda sedang membaca artikel tentang Konsep Optimasi SEO OnPage, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..


Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "Konsep Optimasi SEO OnPage"

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda dengan bahasa yang sopan ......., "Think High".
Jangan mempergunakan "Anonim" dan promosi produk.